Jumat, 19 Oktober 2012

SNK 3 CIKINI

Di Indonesia, Perguruan ”Cikini” merupakan perguruan dasar tertua setelah Taman Siswa. Kelahirannya karena tuntutan kebutuhan akan pendidikan. Dalam derap langkahnya kemudian disadari bahwa lembaga pendidikan ini memiliki misi yang tak lekang ditelan masa. Misi inilah yang menjadi tiang utama perguruan dalam upayanya turut mewujudkan cita-cita bangsa.
Saat itu Indonesia belum lagi memproklamirkan kemerdekaannya, tepatnya tanggal 1 Agustus tahun 1942, Sekolah Rakyat Partikelir ”Mayumi” lahir. Kelahiran yang berawal dari kerisauan seorang ibu akibat ditutupnya seluruh sekolah di Jakarta karena ulah penjajah Jepang. Adalah seorang ibu, Ibu Pandoe Soeradhiningrat dan kawan-kawan yang sangat risau dengan keadaan itu. Ia membayangkan betapa buruknya seorang anak ber”gelandangan” di jalan karena tak sekolah. Alhasil dibukalah sebuah Kursus Bahasa Indonesia bertempat di Jln. Niewelaan (kini Jln. Kramat VIII). Perguruan Cikini kini berpusat di Jln. Cikini Raya, Jakarta Pusat.
Selanjutnya pada tahun 1952 Badan Wakaf ”Mayumi” diganti namanya menjadi ”Jajasan Perguruan Tjikini” (Dikuatkan dengan Akte Notaris Mr. R. Soewandi, tertanggal 27 September 1952 Nomor 37).
Pada 30 November tahun 1957, Yayasan Perguruan Cikini pernah mendapat musibah ledakan granat, targetnya adalah Presiden Soekarno yang sedang berkunjung ke sekolah tersebut, pada masa itu juga sekolah tersebut tempat putra-putri Presiden Soekarno bersekolah (Guntur, Guruh, dan Megawati). Peristiwa ini dikenal dengan nama “Peristiwa Cikini”.
Sampai saat ini Pendidikan dibawah naungan Yayasan Perguruan ”Cikini” terdiri atas:
a. Pendidikan Formal (Dikdasmen dan Dikti)
  • TK – SD – SMP di Kampus Cikini Raya No. 74-76 Jakarta Pusat.
  • Sekolah Menengah Musik (SMM) Perguruan ”Cikini” di Kampus Cikini Raya No. 74-76 Jakarta Pusat.
  • SMK Perguruan ”Cikini” di Kampus Jl. Alur Laut Blok NN/1 Plumpang Jakarta Utara (Kelompok Bidang Keahlian Teknologi)
  • SMA Perguruan ”Cikini” di Kampus Jl. PLN Duren Tiga No. 1 Jakarta Selatan
  • TK – SD – SMP - SMA Perguruan ”Cikini” Kertas Nusantara di Mangkajang Berau Kalimantan Timur.
  • INSTITUT SAINS & TEKNOLOGI NASIONAL (ISTN) di Kampus Jl. Moh. Kahfi II Jagakarsa Srengseng Sawah Jakarta Selatan.
b. Pendidikan Non Formal
  • Pusat Pelatihan Suzuki ”Cikini” Jalan Alur Laut Blok NN/1 Plumpang Jakarta Utara.
  • Pendidikan Musik Perguruan ”Cikini” Jl. Cikini Raya No. 74-76 Jakarta Pusat, Cabang Bintaro, Cabang Kemang Pratama, Cabang Bekasi, Cabang Jaka Permai Bekasi, Cabang Cibubur
Hari ini 66 Tahun sudah usia Yayasan Perguruan Cikini , dan 29 Tahun berdirinya SMK Perguruan Cikini .Pada tahun ini pula SMK Perguruan Cikini ditunjuk oleh pemerintah melalui departeman pendidikan nasional dari 6600 smk se indonesia sebagai rintisan sekolah berstandar Internasional. Mudah - mudahan ini menjadi pemicu semangat untuk terus berinovasi maju kedepan menciptakan pendidikan berkualitas mencerdaskan anak bangsa
bravo SMK Perguruan CIkini

Wisuda 2008


foto wisuda 2008 jurusan tkj angkatan ke 2


shoot with mdianapriyanto nokia 9500

Uji Kompetensi Nasional Produktif SMK 2008

Hari senin kemarin yaitu tanggal 10 Maret 2008 jurusan Teknik informatika dengan program studi teknik komputer dan jaringan memulai Ujian Kompetensi Produktif Jurusan .

Dijadwalkan Ujian Kompetensi Produktif Jurusan Sampai dengan Tanggal 19 Maret 2008, sedangkan untuk tahun ini diknas akan mulai mengadakan ujian teori produktif jurusan TKJ ditambah dengan mata pelajaran Fisika yang akan dilaksanakan pada tanggal 24 Maret 2008.

Beberapa Judul Proyek Akhir yang sudah ditentukan oleh dikmenjur yang dipilih siswa tkj diantaranya adalah :
  1. Membangun infrastruktur Local Area Network (LAN) dengan 3 sistem operasi
  2. Membangun infrastruktur Wireless LAN
  3. Menginstalasi dan mengkonfigurasi Web server dan DNS server

Untuk Ujian Produktif Jurusan tahun ini penguji terdiri dari penguji internal dan eksternal, untuk penguji eksternal atau dari pihak luar, jurusan sudah menghubungi Bapak Romi Satria Wahono dari ilmukomputer.com yang juga merupakan CEO dari Brainmatics Cipta Informatika.

Jurusan Lain seperti Otomotif sudah terlebih dahulu melaksanakan beberapa hari sebelumnya dari jurusan - jurusan yang lain, karena jurusan otomotif memiliki jumlah siswa yang banyak dengan 6 kelas.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar